Minggu, 01 Januari 2023

DPR RI Fraksi PKB Apresiasi Langkah strategis Jokowi dalam membangun bendungan guna meningkatkan ketahanan pangan dan sumber air untuk masa depan

Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan Bendungan Semantok, Jawa Timur, Bendungan Sadawarna di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Bendungan Beringin Sila, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bendungan Beringin Sila menjadi yang ke -34 diresmikan oleh Jokowi. Masifnya pembangunan bendungan di seluruh wilayah Indonesia ini utamanya untuk ketahanan air dan ketahanan pangan nasional ke depan.

Menanggapi keberhasilan Jokowi dalam membangun bendungan untuk ketahanan air dan pangan ini diapresiasi oleh Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan. Dia mengungkapkan, langkah membangun bendungan secara masif ini adalah strategi brilian yang kemudian terwujud.

“Ini langkah strategis yang bukan hanya dalam perencanaan, tapi berhasil diwujudkan oleh presiden,” katanya

Politikus PKB itu menerangkan, lewat bendungan-bendungan yang dibangun pemerintah akan membuat lahan pertanian subur dan pastinya bermanfaat bagi hasil tanam petani. Tak hanya itu, bendungan yang dibangun Jokowi sangat penting dan memajukan pertanian nasional.

“Lahan yang subur tidak terlalu memberi hasil yang optimal bila tidak disiapkan pengairan yang baik, bendungan ini menjadi langkah penting dalam mengoptimalkan fungsi lahan sekaligus memajukan pertanian nasional,” terangnya.

Daniel mengharapkan, strategi Jokowi dalam membangun bendungan ini harus berlanjut ke depan.

“Kita berharap pembangunan bendungan ini dapat terus dilanjutkan, terutama di lahan-lahan luar Jawa,” ujarnya.

Dia sepakat dengan keinginan pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. Alasannya, infrastruktur untuk menjadikan Indonesia sumbing pangan dunia sudah ada (bendungan), tinggal bagaimana hasil produksi ditingkatkan lagi.

“Setuju, Indonesia potensi menjadi kekuatan pangan dunia, harus diwujudkan dengan langkah yang konsisten,” jelasnya.

Meski sudah ada puluhan bendungan yang siap beroperasi, namun Daniel Johan meminta Pemerintah tetap melakukan kajian agar bendungan-bendungan ini tidak sia-sia dibangun.

“Masukannya agar semua dilakukan dengan kajian yang baik sehingga bendungan memberi dampak yang besar,” tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menargetkan di tahun ini akan meresmikan 38 bendungan di seluruh Indonesia dan 61 bendungan sampai 2024 mendatang. 

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support