Rabu, 08 Februari 2023

Jaga Pasokan! Jokowi perintahkan BUMN serap hasil pertanian dan peternakan rakyat

1.    Yogyakarta – Jokowi memerintahkan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang pangan untuk mempersiapkan proses penyerapan (offtaker) hasil pertanian dan peternakan dari rakyat. Upaya tersebut dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan pangan dan meminimalisir anjloknya harga di tingkat petani dan peternak.

Arief Prasetyo Adi Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) menambahkan, dalam pertemuan dengan Jokowi juga membahas terkait persiapan dari mulai dana hingga infrastruktur yang harus tersedia dalam program tersebut. Terkait dana, kata Arief, nantinya akan dianggarkan lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan juga pinjaman murah dari bank-bank BUMN.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan bahwa ketersediaan infrastruktur menjadi hal yang vital dalam keberlangsungan offtaker tersebut. Sebab, hal tersebut dapat menjaga kualitas bahan pangan itu sendiri. 

Menurut Arief nantinya Perum Bulog akan menjadi offtaker komoditas kedelai dan jagung, sedangkan ID Food akan menyerap komoditas beras, peternakan, dan juga jagung. 

Adapun, PTPN nantinya akan melakukan penyerapan mulai dari gula dan minyak sawit. Untuk itu, Arief menyampaikan dalam 2 minggu ini pihaknya sedang mempersiapkan sinkronisasi peraturan antara lembaga dan kementerian terkait.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support