Rabu, 01 Februari 2023

Naik! Jokowi targetkan jumlah kunjungan wisatawan dalam negeri mencapai 1,4 miliar perjalanan pada tahun 2023

Yogyakarta – Jokowi menargetkan jumlah total perjalanan wisatawan dalam negeri mencapai 1,4 miliar perjalanan pada tahun  ini. Angka ini naik nyaris 2 kali lipat dari jumlah perjalanan tahun lalu sebanyak 800 juta perjalanan. 

Demikian disampaikan Odo R.M Manuhutu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Maritim dan Investasi dalam Laporan Transparansi dan Akuntabilitas Bank Indonesia (LTABI) 2022.

Odo mengatakan dari jumlah target tersebut, Jokowi memfokuskan 90% nya berasal dari wisatawan domestik sehingga hanya bergantung 10% dari wisatawan asing.

Dalam rangka memenuhi target tersebut, Jokowi melakukan pembenahan pada fasilitas infrastruktur pariwisata. Tidak tanggung-tanggung, menurut Odo, anggarannya mencapai Rp 6,5 triliun.

Odo mengatakan kebijakan Jokowi di bidang pariwisata tahun ini beralih dari yang awalnya melakukan promosi menjadi fokus membenahi infrastruktur pariwisata di berbagai destinasi. Ia mengungkapkan hal ini dilakukan karena Jokowi belajar dari negara-negara maju, dimana mereka berinvestasi bukan pada sektor promosinya melainkan pada sektor infrastrukturnya.

Upaya ini sekaligus membangkitkan kembali sektor pariwisata yang mati suri selama pandemi Covid-19.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support