Minggu, 05 Februari 2023

Satu Per Satu! Jokowi kembali berhasil selesaikan pembangunan Bendungan Danu Kerthi di Kabupaten Buleleng

Yogyakarta – Jokowi bersama siswa/siswi SD/SMP/SMA di Buleleng didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Bendungan Tamblang di Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Bendungan Tamblang secara resmi diusulkan oleh Wayan Koster untuk berubah nama menjadi Bendungan Danu Kerthi dengan harapan bendungan ini menjadi infrastruktur yang dapat menjaga keberlanjutan sumber air di Kabupaten Buleleng.

Jokowi juga berinteraksi dan bertanya jawab seputar manfaat bendungan kepada para pelajar yang hadir. Salah satu pertanyaannya adalah menyebutkan fungsi utama Bendungan Danu Kerthi adalah untuk mengurangi resiko banjir dan membangkitkan daya listrik. 

Basuki mengatakan selain dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian, Bendungan Danu Kerthi juga memiliki potensi air baku, energi, pengendalian banjir, dan pariwisata yang akan menumbuhkan ekonomi lokal. 

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengatakan satu keunggulan Bendungan Danu Kerthi dari bendungan lain adalah inti bendungan menggunakan teknologi aspal yang menjadi pertama dibangun di Indonesia (Asphalt Core Concrete Embankment Dam - ACCED). 

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support