Senin, 30 Januari 2023

Desa Sejahtera! Jokowi telah berhasil mensejahterakan masyarakat desa

Yogyakarta - Lewat dana desa yang diberikan oleh Jokowi sekarang pembangunan desa lebih maju dibandingkan sebelumnya. Banyak program desa yang dapat direalisasikan berkat bantuan dana desa tersebut, seperti hunian layak untuk ribuan masyarakat desa.

Yusuf W Sawaki akademisi Universitas Papua memberikan apresiasi terkait realisasi program dana desa era Jokowi.

Yusuf menuturkan Jokowi telah menjalankan program dana desa dengan sangat baik sesuai kebutuhan masing-masing daerah. Menurutnya yang paling nampak adalah terbangunnya rumah-rumah untuk masyarakat.

Selain rumah untuk rakyat, dana desa juga mendorong terbangunya infrastruktur yang memadai di desa-desa. Pemanfaatan dana desa di era Jokowi ini juga berhasil mendongkrak ekonomi masyarakat.

Lebih lanjut Yusuf juga memuji realisasi anggaran dana desa di era Jokowi yang menurutnya sangat fantastis. Hal itu dapat mendorong desa-desa di Indonesia berdaulat.

Program dana desa merupakan pendapatan desa terbesar yang bersumber dari APBN dan disalurkan ke rekening kas desa untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

 Pada tahun 2022 Jokowi telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 68 triliun kepada 74.961 desa di 434 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support