Jumat, 13 Januari 2023

Jaga Stabilitas! Jokowi berpesan kepada semua pihak untuk ikut menjaga stabilitas politik supaya ekonomi bisa bertumbuh positif

Yogyakarta – Pesan Jokowi di tahun politik mulai memanas, bahwa tahun ini sudah memasuki tahapan pemilu serentak 2024 semua harus menjaga stabilitas politik dan keamanan.

Jokowi menyampaikan, saat ini dunia dihadapi oleh kegentingan global dan diincar oleh ancaman dan risiko-risiko baik itu resesi global, resesi keuangan, krisis pangan dan energi, perang, hingga inflasi yang sangat tinggi. Jokowi pun mengingatkan agar semua pihak memiliki perasaan yang sama dalam menghadapi kegentingan tersebut

Jokowi menambahkan, meskipun diguncang ketidakpastian global stabilitas perekonomian Indonesia saat ini cukup terjaga. Ekonomi Indonesia di kuartal III-2022 mampu tumbuh di angka 5,72 persen, tertinggi di antara negara anggota G20.

Sementara itu, angka kemiskinan juga mengalami penurunan dari 10,1% di 2021 menjadi 9,54% di tahun 2022. Begitu juga angka pengangguran, turun dari 7,1% di 2021 menjadi 5,9% di tahun 2022. Jokowi menyampaikan, penurunan tersebut dipicu oleh peningkatan investasi di tanah air.

Jokowi menyampaikan pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan di seluruh penjuru tanah air juga mendorong pemerataan investasi di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga meminta agar semua pihak tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi, partai, dan lain-lain.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support