Senin, 09 Januari 2023

Keberanian Leadership Jokowi Membuat Banyak Pemimpin Dunia Kagum

Keberanian Jokowi dalam mengambil sebuah keputusan telah mendapatkan perhatian dunia internasional. Salah satu keputusan yang membuat dunia mengakui keberanian Jokowi adalah soal larangan ekspor mineral mentah.

Larangan ekspor bijih nikel mentah telah membuat dunia internasional bergejolak, pasalnya Indonesia memiliki cadangan bijih nikel terbesar kedua di dunia. Bagaimana tidak, dunia sedang menggalakan untuk membuat mobil listrik. Salah satu bahan untuk membuat baterai adalah bijih nikel yang nantinya diolah.

Negara-negara pengimpor bijih nikel Indonesia tentu keberatan, pasalnya bila bijih nikel di ekspor dari Indonesia dalam keadaan sudah setengah jadi itu akan meningkatkan harga. Kita tahu negara-negara eropa tidak mau rugi tentunya, mereka mengajukan tuntutan kepada WTO. Meski Indonesia digugat di WTO itu tidak membuat Jokowi bergeming sedikit pun.

Belum selesai soal ekspor bijih nikel mentah, Jokowi melarang ekspor bijih mentah bauksit pada tahun 2023, tentu hal ini membuat dunia internasional gegelang pusing tidak karuan.

Pasalnya mereka juga membutuhkan bahan baku tersebut untuk membuat baterai kendaraan listrik. Sungguh sebuah keberanian yang luar biasa oleh seorang Jokowi dalam membangun dan mempertahankan negara.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support