Senin, 30 Januari 2023

Terwujud! Jokowi berhasil mewujudkan mimpi pembangunan jalur kereta api di Sulawesi

Yogyakarta - Jokowi berhasil mewujudkan mimpi tentang adanya rute kereta api di pulau Sulawesi, hal tersebut dibuktikan dengan adanya rute kereta api Makassar – Parepare. Jokowi menargetkan supaya ujung utara dengan ujung selatan pada pulau Sulawesi tersebut bisa terkoneksi dengan kereta.

Perkembangan untuk tahap awal juga beroperasi kereta dari Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru hingga Stasiun Mangilu di Kabupaten Pangkep. Sedangkan untuk rute Kereta api (KA) Makassar-Parepare itu sudah mulai diuji coba melayani penumpang.

Jalur kereta api ini telah dibangun sejak 2015 untuk pertama kali groundbreaking lintasan kereta dari Makassar hingga Parepare. Kereta api di Sulawesi ini sekarang sudah terbangun kurang lebih 110 kilometer.

Rel kereta api di Sulawesi ini memiliki lebar 1.435 mm. Ukuran ini diklaim jauh lebih besar dari pada KA yang ada di Jawa. Dengan rel yang lebih lebar, disebut bisa menampung kapasitas yang lebih besar juga.

Kepala Operasional dan Layanan KA Trans Sulawesi, Rizqi Prasetyo, menjelaskan, saat ini uji coba KA Makassar-Parepare hanya untuk angkutan penumpang. Tetapi nantinya kereta api di sana juga difokuskan untuk angkutan barang.

Ia menyebutkan rincian jalur angkutan barang yang akan terintegrasi, jalur Makassar yang akan menuju ke pelabuhan Makassar baru. Kemudian arah Barru terhubung dengan Pelabuhan Garongkong.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support