Selasa, 07 Februari 2023

Akhiri konflik! Jokowi yakin bila dirinya bisa menghentikan konflik yang sedang terjadi di Myanmar melalui keketuan ASEAN Indonesia

 

Yogyakarta – Sejak tahun 2023 – 2024 Indonesia menjadi keketuaan kawasan Asia Tenggara dengan nama komunitasnya ASEAN. Pada keketuaan Indonesia kali ini mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”, Indonesia ingin menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, sekaligus menjadikan organisasi regional yang mampu menjaga stabilitas dan perdamaian regional serta kawasan Asia-Pasifik.

Kawasan ASEAN memiliki isu konflik yang hangat terkait kudeta yang dilakukan junta militer Myanmar pada tahun 2021. Isu Myanmar tentu menjadi penghambat ASEAN terutama dalam mencapai tujuan sesuai dengan tema yang diusung oleh Indonesia sebagai keketuaan.

Jokowi selaku pemegang mandat keketuan ASEAN akan menggunakan diplomasi ekonomi kepada junta militer Myanmar. Pasalnya ekonomi Myanmar mengalami kehancuran pasca terjadinya kudeta pada tahun 2021 silam.

Jokowi yakin bisa melakukan diplomasi tersebut karena keberhasilan kebangkitan ekonomi Indonesia pasca reformasi. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai sarana bertukar ide dan gagasan dalam membangun ekonomi Myanmar untuk bangkit, yang kemudian bisa merubah kondisi politik mereka.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support