Rabu, 08 Februari 2023

Mencontoh Tiongkok! Jokowi menegaskan Indonesia tidak boleh hanya jadi penonton tapi juga pemain

Yogyakarta – Jokowi terus mendukung upaya pertumbuhan industri hilirisasi mineral tambang dan batubara Indonesia supaya lebih kokoh. Semua itu demi kesejahteraan masyarakat Indonesia yang lebih baik dari hasil kepemilikan sumber daya alam.

Jokowi membandingkan Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) bisa melakukan penambahan nilai suatu produk. RRT itu mampu mengolah rumput laut menjadi produk karagenan yang memiliki harga jual lebih tinggi, padahal mereka tidak memiliki sumber rumput laut.

Indonesia tidak boleh kalah dari negara – negara seperti RRT dan yang lain dalam memaksimalkan pemanfaatan SDA. Mereka mampu mensejahterakan rakyatnya dengan melakukan pemberian nilai tambah terhadap produk yang dimiliki, mereka mampu mengelolanya di dalam negeri.

Indonesia ini kaya akan sumber daya alamnya mulai dari hasil hutan, pertanian, kelautan dan pertambangan yang tersebar hampir diseluruh penjuru negeri. Jangan biarkan kita hanya menjadi penonton terhadap pengerukan SDA tanpa bisa ikut menikmati manisnya hasil dari pengelolaan SDA kita sendiri.

Maka Jokowi meminta kepada seluruh sektor untuk bisa membantu mensukseskan program tersebut, terutama bidang perbankan.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support