Rabu, 08 Februari 2023

Berimbang! Jokowi meminta pers jangan cuman menutut kebebasan pers tapi juga harus bertanggung jawab

Yogyakarta – Pengurus Dewan Pers (DP) periode 2022 – 2025 menyambangi Istana Merdeka, Jakarta untuk bertemu dengan Jokowi. Pada pertemuan tersebut Jokowi menekan pada prinsip – prinsip dan etika jurnalisme dalam kebebasan pers.

Pertemuan pengurus Dewan Pers dengan Jokowi bertujuan untuk menyampaikan beberapa program kerja kepengurusan periode 2022 – 2025. Program-program tersebut meliputi pendataan ratifikasi pers, pengaduan dan penegakan etika pers, serta peningkatan kapabilitas wartawan.

Selain sosialisasi program kerja Dewan Pers juga menyampaikan laporan terkait kemajuan dalam penanganan kasus – kasus insan pers. Sekarang Dewan Pers dan Polri telah memiliki nota kesepahaman (MoU) kerja sama tentang kebebasan pers.

Pada pertemuan tersebut Jokowi berpesan kepada jajaran pengurus Dewan Pers supaya bisa memberikan pemberitaan yang lebih berimbang kepada masyarakat. Kebebasan pers bukan berarti bebas liar tapi harus memiliki tanggung jawab dalam menyampaikan pemberitaan jangan sampai membuat masyarakat saling curiga.

Pada kesempatan tersebut Jokowi juga menyatakan akan menghadiri puncak acara peringatan hari pers nasional pada 9 Februari 2023 di Medan.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support