Jumat, 13 Januari 2023

Perbarui! Jokowi berencana akan perbarui PP Nomor 1 tahun 2019 terkait devisa hasil ekspor (DHE)

Yogyakarta – Jokowi akan merevisi PP Nomor 1 Tahun 2019 tentang Devisa Hasil Ekspor (DHE) demi meningkatkan cadangan devisa negara.

Airlangga menuturkan saat ini hanya sektor pertambangan, perkebunan dan kehutanan, serta perikanan yang DHE-nya wajib masuk di dalam negeri.

Dalam PP yang masih berlaku itu, kewajiban eksportir untuk memasukan DHE tadi ke dalam sistem keuangan Indonesia dilakukan melalui rekening khusus DHE pada bank yang melakukan kegiatan usaha dalam valuta asing.

Ia mengatakan revisi akan dilakukan untuk memasukkan beberapa sektor lain. Dengan begitu, DHE yang masuk ke Indonesia akan lebih banyak.

Selain itu, ia juga memastikan dalam revisi PP nanti, Jokowi akan mengatur lama devisa parkir di dalam negeri. Airlangga pun mencontohkan beberapa negara mengatur berapa lama devisa di parkir di dalam negeri.

BI mencatat posisi cadangan devisa RI sebesar US$137,2 miliar pada akhir Desember 2022. Angka tersebut naik dibandingkan posisi pada akhir November 2022 yang US$134 miliar.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6 bulan impor atau 5,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri negara.

Selain itu, cadangan juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support