Senin, 23 Januari 2023

Perkuat Pilar! Jokowi terus lakukan perkuatan pilar ekonomi Indonesia dengan membangun UMKM supaya terus berkembang

Yogyakarta – Prof Mudhofir Abdullah Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta mengakui strategi jitu Jokowi untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia. Menurut Mudhofir salah satu taktik Jokowi adalah mendorong kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Mudhofir menuturkan Jokowi telah merealisasikan berbagai program dan kebijakan untuk menghadirkan UMKM naik kelas. Mulai dari pelatihan, bantuan modal, hingga akses pasar digital.

Selama tahun 2021 hingga juli 2022 kementerian terkait sudah menerbitkan 1,5 juta NIB untuk UMKM, jumlah fantastis. Jokowi juga mendorong kepada kementerian terkait supaya bisa menerbitkan 100.000 NIB setiap harinya.

Selain NIB juga sudah ada 20,76 juta UMKM yang sudah terhubung dalam ekosistem digital hingga tahun 2022. Jokowi juga akan terus mendorong supaya UMKM yang bsia tergabung dengan ekosistem digital bisa menjadi 30 juta pada akhir 2023.

Mudhofir optimistis dengan keberpihakan program dan kebijakan Jokowi pada UMKM mampu menjadi salah satu motor penggerak ekonomi nasional. Sehingga dengan UMKM yang kuat dapat melindungi Indonesia dari ancaman krisis dan resesi.

Pada kuartal III 2022 pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di angka 5,72%.

Jokowi juga mampu menekan laju inflasi di angka 5,5%. Capaian tersebut jauh lebih baik dibanding negara-negara maju seperti Rusia yang inflasinya mencapai 11,6% dan Inggris 10,7%.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support