Minggu, 05 Februari 2023

Independen! Jokowi nyatakan bahwa ASEAN harus berdiri secara kokoh tidak boleh menjadi proxy siapapun juga

Yogyakarta – Jokowi bertemu dengan para Menlu perwakilan dari negara anggota ASEAN dan Sekjen ASEAN di Istana Negara, Jakarta. Pertemuan para MEnlu tersebut merupakan serangkaian pertemuan pertama negara – negara ASEAN di bawah keketuan Indonesia.

Jokowi menyampaikan pesan kepada para Menlu bahwa ASEAN tidak boleh menjadi proxy siapapun juga. 

Jokowi menekankan pentingnya penghormatan terhadap prinsip-prinsip demokrasi hukum internasional hak asasi manusia. sesuai dengan apa yang ada di dalam piagam ASEAN. Jokowi juga menekankan bahwa five point of consensus akan tetap menjadi mekanisme utama ASEAN di dalam mengatasi perkembangan di Myanmar. 

Kedua, Jokowi menekankan bahwa ASEAN harus menjadi epicentrum of growth atau pertumbuhan ekonomi di tengah gelapnya proyeksi ekonomi dunia saat ini. Namun, Jokowi kembali lagi mengingatkan bahwa tujuan ini bisa dicapai kalau negara ASEAN mampu menjaga stabilitas perdamaian di kawasan.

Setelah pertemuan para Menlu di Istana, mereka akan melakukan serangkaian pertemuan working lunch yang membahas soal Myanmar dan ASEAN coordinating council. Ujar Retno

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support