Jumat, 03 Februari 2023

Langkah Besar! Jokowi tengah merancang terobosan ciptakan ketergantungan dunia terhadap industri electric vehicle Indonesia

 

Yogyakarta – Dunia industri kendaraan bermotor listrik saat ini sedang dalam perkembangan yang sangat menjanjikan. Pesatnya perkembangan electric vehicle (EV) tentu menjadi peluang emas bagi Indonesia untuk menjadi negara maju.

Melihat peluang tersebut membuat Jokowi melakukan rancangan strategi besar bagi Indonesia agar bisa melompat menjadi negara maju dan tidak terjebak pada negara berpendapatan menengah atau middle income trap.

Strategi besar tersebut adalah dengan menciptakan ekosistem mobil listrik dan baterai kendaraan listrik (EV) sehingga negara lain memiliki ketergantungan kepada Indonesia.

Jokowi menyadari bahwa mengintegrasikan komponen-komponen baterai dan mobil listrik tidaklah mudah meskipun Indonesia memiliki hampir semua bahan yang dibutuhkan. Dari segi geografis, tantangannya adalah bagaimana menyatukan berbagai bahan tambang yang lokasinya tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Tantangan berikutnya adalah dari sisi eksternal, misalnya gugatan Uni Eropa terhadap Indonesia karena Jokowi menghentikan ekspor nikel dalam bentuk bahan mentah. Meskipun Indonesia kalah dalam gugatan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) tersebut, namun Jokowi menegaskan bahwa pemerintah tidak akan mundur dan akan tetap konsisten menghentikan ekspor barang tambang lainnya dalam bentuk bahan mentah.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support