Minggu, 26 Februari 2023

Menjawab Tantangan! Jokowi terus berupaya melakukan perbaikan dan reformasi dibidang keadilan guna berikan jaminan kepastian hukum masyarakat

 

Yogyakarta – Nampaknya janji Jokowi terkait reformasi dalam bidang keadilan bukan hanya janji kosong dan isapan jempol semata. Jokowi terus berupaya melakukan reformasi bidang keadilan demi menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pengadilan.

Jokowi menekankan hal tersebut kepada mahkamah agung (MA) dan pengadilan untuk bisa menjamin memberikan kepastian hukum dan keadilan. Jokowi juga menyatakan tantangan tersebut harus dijawab dengan langkah – langkah reformasi yang berkelanjutan dan tidak pernah putus.

Jokowi juga mengatakan bahwa MA menjadi benteng terakhir bagi masyarakat untuk mencari keadilan di negeri ini. Oleh sebab itu Jokowi meminta kepada MA untuk memperkuat kemampuan dan meningkatkan kualitas sekaligus tetap menjaga integritas para hakim.

MA juga bisa melakukan pengutana pada sistem pelacakan tindak lanjut kasus serta follow up serta evaluasi atas rekomendasi yang diberikan KY. Jokowi juga memberikan dukungan terhadap pemberian sanksi kepada hakim yang melakukan pelanggaran kode etik.

Jokowi juga mendorong kepada MA untuk melakukan modernisasi terkait pelayanan publik melalui inovasi dengan pemanfaatan perkembangan teknologi.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support