Selasa, 31 Januari 2023

Bangga! Indonesia secara resmi menjadi ketua tahunan ASEAN pada 2023 hingga 2024

Yogyakarta Mulai tahun 2023 Indonesia bakal menjadi pemimpin ASEAN selama satu tahun penuh hingga tahun 2024 mendatang.

Jokowi meyakini bahwa ASEAN masih memiliki peran yang penting dan relevan bagi rakyat, baik di kawasan maupun di dunia. Ujar Jokowi pada pembukaan acara keketuan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran HI, Jakarta.

Jokowi juga menyebut bahwa saat ini Indonesia menjadi ketua ASEAN di tengah situasi global sulit. Menurutnya, saat ini dunia masih mengalami berbagai krisis, mulai dari krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, hingga perang yang masih terjadi.

Meski demikian, melalui pengalaman presidensi G20 yang dimiliki Indonesia, keketuaan Indonesia akan berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusi ASEAN. Kontribusi tersebut baik dalam bidang perdamaian maupun pertumbuhan ekonomi.

Retno LP Marsudi Menlu menjelaskan bahwa tema keketuaan ASEAN 2023 memiliki dua elemen besar. Elemen pertama adalah “ASEAN Matters”, bagaimana Indonesia dengan keketuaannya tetap menjadikan ASEAN itu relevan dan penting

Kedua, Indonesia ingin ASEAN tetap memerankan peran sentral sehingga dapat menjadi motor dan dapat berkontribusi bagi stabilitas dan perdamaian kawasan, termasuk Indo-Pasifik.

Selanjutnya terkait “Epicentrum of Growth”, Menurutnya, pertumbuhan ekonomi ASEAN selalu lebih tinggi daripada pertumbuhan ekonomi dunia dari tahun ke tahun. 

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support