Kamis, 12 Januari 2023

Pesan Jokowi Untuk Presiden 2024, Presiden 2024 Haruslah Sosok Yang Berani Tidak Mudah Ciut Nyalinya serta Mewarisi Sikap Penolakan Terhadap Imperialisme Asing Seperti Soekarno

Jokowi membeberkan kriteria capres penganti dirinya pada tahun 2024. Jokowi mengatakan orang tersebut harus berani mengambil keputusan demi kepentingan bangsa dan negara. Artinya orang tersebut harus bermental baja bernyali tinggi ketika berhadapan dengan tekanan negara asing.

Menurut Jokowi hal tersebut telah ditunjukkan oleh bapak pendiri bangsa Ir Soekarno dengan sikap tegasnya dalam menolak segala bentuk imperialisme negara asing. Indonesia harus menjadi bangsa yang mandiri dan merdeka tidak tergantung dengan negara lain.

Sikap tersebut telah Jokowi tunjukan keberaniannya dalam upaya melawan ketidak adilan negara maju. Langkah berani Jokowi tersebut terbukti dengan kembalinya Freeport kepangkuan ibu pertiwi.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung soal kebijakan larangan ekspor bahan mentah nikel untuk melakukan industrialisasi dalam negeri. Dengan demikian, Indonesia bisa mengekspor komoditas setengah jadi demi mendapatkan nilai tambah.

Hanya saja, menurut Jokowi, Indonesia kalah dalam gugatan larangan ekspor nikel bahan mentah oleh World Trade Organization (WTO), karena dinilai melanggar ketentuan dagang oleh WTO. Jokowi pun berupaya melawan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support