Kamis, 23 Februari 2023

Tumbuh 5,7%! Jokowi siapkan berbagai strategi untuk tetap menjaga pertumbuhan ekonomi sesuai rencana

Yogyakarta – Jokowi menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai kisaran 5,3%-5,7% di 2024, atau tepatnya di akhir masa jabatan. Jokowi membahas target dalam rapat terbatas (ratas) terkait Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) tahun 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, tema dalam penyusunan KEM-PPKF adalah mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Salah satu indikasinya yakni pertumbuhan ekonomi yang terjaga di atas 5%.

Airlangga menuturkan, untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2024, Jokowi telah menyiapkan strategi, salah satunya dengan menjaga agar ekonomi tetap tangguh dengan berbagai aturan perundang-undangan. Seperti dengan implementasi Perppu Cipta Kerja, Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK), serta Undang-Undang Hubungan Keuangan antara Pusat dan Daerah (HKPD).

Adapun seiring dengan target pertumbuhan ekonomi, Jokowi menargetkan sejumlah asumsi makro lainnya di 2024. Seperti nilai tukar rupiah ditargetkan mencapai Rp 14.800-Rp 15.400 per dollar AS.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support