Selasa, 31 Januari 2023

Berkontribusi Besar! Jokowi ingin ASEAN memiliki andil atas kawasan indo – pacific

Yogyakarta - Jokowi bangga dengan dipilihnya Indonesia menjadi kesatuan pada tahun 2023 ini sebuah keanggaan tersendiri. Pasalnya pada tahun 2022 Indonesia berhasil menjadi presidensi KTT G20 dengan lancar tanpa halangan.

Jokowi yakin dan optimis bahwa Indonesia bisa mengemban tanggung jawab sebagai keketuan ASEAN 2023. Jokowi memiliki keinginan agar negara-negara di ASEAN memiliki posisi yang penting untuk kawasan Indo-Pasifik, baik dari segi keamanan hingga ekonomi.

Jokowi menegaskan tiga hal utama dalam Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023. Pertama, ASEAN harus relevan dan penting. Ia ingin negara-negara Asia Tenggara tetap relevan terhadap kepentingan rakyat, kawasan, dan juga dunia.

Jokowi juga berharap ASEAN bisa menjadi episentrum atau pusat pertumbuhan ekonomi. Ia menegaskan pentingnya ketiga hal tersebut dalam keketuaan Indonesia.

Senada, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menekankan impian Jokowi untuk menjadikan ASEAN penting di kawasan Indo-Pasifik. Retno mengatakan Jokowi ingin ASEAN tetap memainkan peran sentral.

Retno menilai bahwa selama ini Indo-Pasifik menjadi kawasan yang sangat strategis, di mana juga terjadi rivalitas sengit antarnegara. Dengan begitu, Retno mengatakan bahwa Jokowi ingin ASEAN menjadi lokomotif untuk menggerakkan Indo-Pasifik agar tetap menjadi kawasan yang damai dan stabil.

 

Share:

0 comments:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support